4 Langkah Mudah Memasang Genteng Metal Pasir Pada Atap Rumah

Bagaimanakah cara memasang genteng metal pasir? Genteng metal merupakan jenis genteng yang cukup banyak diminati akhir-akhir ini. Pasalnya, tampilan genteng metal yang cantik memang sesuai dengan konsep perumahan modern. Selain itu, genteng jenis ini memang memiliki berbagai keunggulan lain dari tahan korosi hingga harga yang relatif terjangkau.

Nah, salah satu jenis genteng yang banyak penggemarnya adalah genteng metal pasir. Genteng ini merupakan salah satu jenis genteng yang permukaannya dilapisi pasir untuk menambah kekuatan dan nilai estetika. Lalu, bagaimanakah cara pemasangan genteng yang satu ini? Ternyata, tidak jauh berbeda dengan pemasangan genteng metal lainnya. Berikut ini langkah-langkahnya.

Tentukan Ketinggian

Genteng metal pasir memang didesain untuk dipasang dengan lebih mudah. Apalagi, jika Anda juga membuatnya dengan menggunakan kerangka baja ringan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan ketinggian dan kemiringan. Selanjutnya, tentukan pula ukuran jarak reng pada baja ringan tersebut. Biasanya tingkat kemiringan untuk rumah konvensional adalah sekitar 30 derajat.

Letakkan Genteng Pada Reng

Selanjutnya, Anda bisa langsung memasang genteng dengan cara meletakkan genteng-genteng tersebut pada reng. Sebaiknya, pasang genteng dari bagian atas terlebih dahulu. Selanjutnya, lanjutkan dengan memasang genteng metal pasir di bagian bawahnya. Jika Anda memasang genteng dari bagian bawah, maka akan ada resiko genteng yang terpasang terinjak-injak jika Anda memasang bagian atasnya.

Pasang Sekrup

Jika genteng sudah terpasang dengan rapi sebanyak satu baris, maka Anda bisa memasang sekrupnya. Caranya adalah dengan menggunakan bor dimulai pada bagian tengah. Pastikan Anda sudah menyiapkan jenis sekrup yang benar, yaitu sekrup ukuran 5 cm.

Posisi pemasangan juga harus diperhatikan, yaitu secara horizontal agar bisa menembus keseluruhan genteng dan reng pada bagian depan dan belakang. Lanjutkan dengan memasang genteng pada bagian bawah barisan sebelumnya, kemudian pasang sekrupnya dengan cara yang sama.

Pasang Nok Genteng Metal Pasir

Bagian yang terakhir sekaligus yang cukup rumit adalah memasang nok genteng. Nok genteng adalah bagian penutup yang terletak pada bagian atas atau ujung rumah. Fungsi utama dari nok genteng ini adalah untuk menutupi celah yang terbentuk dari pertemuan kedua sisi genteng. Tentu saja, selain itu, bagian ini juga membuat atap rumah menjadi lebih rapi dan indah. Yang jelas, nok ini harus dipasang setelah semua bagian genteng yang lain susah terpasang dengan baik.

Langkah pertama pemasangannya adalah dengan memeriksa terlebih dahulu apakah garis nok sudah sejajar dengan genteng lainnya berikut reng-nya. Selanjutnya, pasang sekrup pada bagian tengah no genteng metal hingga menembus bagian reng. Pegangan dengan hati-hati agar tidak terjadi pergeseran. Lanjutkan dengan memasang nok berikutnya dan skrip dengan cara yang sama. Lakukan hingga semua nok genteng metal pasir berhasil dipasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *